Tuesday, October 5, 2010

Training Camp Pengajar Muda (PM)

Modern Training Camp, Desa Cikareteg, Ciawi. (10.20 PM)

Udah masuk minggu ke-3 training camp Pengajar Muda Indonesia Mengajar. makin kesini waktu makin cepet rasanya. Dalam minggu ke-3 ini PM (Pengajar Muda) udah bakal dikelompokin berdasarkan daerah penempatan 5 Kabupaten sasaran program. Sejak awal training sampe hari ini kita masih dikelompokin jadi 10 kelompok yang diacak dari awal. Mulai minggu ke-4, training akan makin fokus kepada kebutuhan kita sesuai daerah tujuan masing2. Jadi menu tiap kelompok baru itu bisa beda2.

Karantina 7 minggu dan selanjutnya ditempatkan ke pelosok emang pengalaman baru buat gw. So far, i'm happy being here. Berada di sekeliling orang2 yang punya mimpi sama dengan kita adalah anugerah. Energi gw serasa berlipat disini. benar2 terkondisikan buat mempersiapkan diri sebaik2nya sebelum deployment tanggal 10 November 2010 besok.
Udah banyak banget hal baru yang PM dapet selama karantina ini. tapi gw yakin masih jauh lebih banyak hal2 yang belum kita tau. Minggu pertama trainingcamp PM "main" 3 hari di RINDAM JAYA latihan mental dan fisik sama TNI, seru! Trus kembali ke Ciawi, dapet banyak materi dari orang2 hebat dengan metode2 yang beda dari metode2 biasanya. Semua PM ga ada yang background S1 nya dari pendidikan. Jadi emang kita semua ngerasa dapet banyak banget hal baru berkaitan dengan operasional pendidikan, terutama daerah terpencil. kmaren kita juga udah sempet penjajakan ke SD2 di sekitar trainingcamp buat observasi dan persiapan praktek latihan ngajar. Kamis besok PM bakal kunjungan ke sekolah alam Cikeas buat ngeliat praktek dari penerapan kurikulum KTSP yang beda dari kebanyakan sekolah negeri di Indonesia buat tambahan referensi kita dalam penerapan KTSP nanti di daerah.

PM angkatan satu ini berjumlah 52 orang, tepat 26 pasang. kita dateng dari berbagai daerah dan lulusan dari berbagai macam kampus. Gw selalu seneng bisa kenal sama orang2 baru kaya gini. Apalagi kita semua emang punya satu tujuan bareng sekarang. PM adalah keluarga sekaligus tim buat gw sekarang. kita bakal saling bahu membahu, menjaga, dan berjuang bareng seterusnya. Mudah2an kami semua selalu dikaruniai kesehatan supaya bisa jalanin sisa training dan program dengan oke. amiin..

Seperti kata Pak Anies, mudah2an pengiriman PM bisa ngebawa impact besar. Mudah2an apa yang kami lakukan bener2 bisa jadi manfaat.
taun lalu mungkin kami semua, PM, ga ada yang tau atau bahkan membayangkan bisa bareng sekarang disini. Tapi sekarang kenyataannya kami bareng2 belajar disini untuk mempersiapkan diri setaun berada di daerah terpencil. Temen2 baru gw ini adalah orang2 yang punya motivasi besar untuk berbuat sesuatu untuk Indonesia. gw bangga jadi bagian dari mereka. Mudah2an Tuhan selalu ngelindungin kami semua, ngasih kekuatan untuk kami semua dan menjaga hati kami semua.

Kita memang ga akan pernah tau apa yang akan kita alami setaun ke depan, sehari ke depan atau bahkan semeneit ke depan.
Tapi kita selalu punya pilihan untuk melakukan sesuatu yang baik.
Kita selalu akan punya pilihan.
May God bless us all..

mari benar-benar hidup

3 comments:

vienz said...

ngkong! seru bgt keterima Indonesia Mengajar. bbrp temen aku jg keterima, kalian orang2 hebat. kalo ketemu Arrum, Nisa Imaniar, sama Patrya, salam yaa.. :) doain semoga thn depan saya dpt giliran.. :) selamat berjuang di pedalaman!

Rahmat Danu Andika said...

thankyouu vin..:)
iya mereka sahabat2 baru gw semua sekarang disini. kita masi training bareng karantina di ciawi..
doain ya..
gw doain juga buat yang berikutnya lo bisa ikutan juga..:)

Anonymous said...

Maaf saya bodoh. klo 25 pasang kan berarti cuma 50 orang ya. Coba, 25 x 2 = 50. Bukan 52.
Walopun saya anak ITB, saya kurang pintar yaa...