Wednesday, January 23, 2008

VISITOR WARNING!!! DANGEROUSLY BEAUTIFUL!!

Begitulah kira-kira tulisan pada sticker yang saya baca beberapa waktu lalu. Waktu itu saya sedang makan batagor di depan kampus dan tanpa sengaja mata saya tertarik pada sebuah sticker bergambar kepulauan Nusantara yang bertuliskan judul diatas. Spontan saya tersenyum, "kalimat yang kreatif", pikir saya. Lalu sambil terus mengunyah batagor saya berfikir, "kenapa segitunya ya kalimat itu,terkesan berlebihan ah.." hmm,ternyata tidak! kata "dangerously" ternyata tepat untuk menggambarkan betapa indahnya Indonesia. Ya, seketika itu juga saya langsung mencoba menghitung apa hal-hal yang dimiliki alam Indonesia. Dan sayangnya, saya tidak berhasil menghitung semuanya, terlalu banyak!
Dari mulai belasan ribu pulau yang menjadi tempat hidup ribuan jenis floran dan fauna, 515 jenis mamalia yang 39% nya endemik di Indonesia alias hanya ada di negara kita, 1531 jenis burung yang 397 dari itu hanya ada di negara kita, 1400 jenis ikan air tawar, 97 jenis ikan karang yang hanya hidup di perairan Indonesia, ya hanya di Indonesia. Belum lagi 38000 jenis tumbuhan tingkat tinggi, 477 jenis palem yang 225 diantaranya endemik, ratusan jenis rumput laut, dan masi banyak lagi! Wah,belum sempat saya mengingat-ingat yang lain, saya tersadar bahwa yang saya ingat-ingat itu baru kekayaan alamnya saja. Saya lupa menghitung kekayaan budaya Indonesia, bahasa daerah Indonesia, tarian, nyanyian, suku adat, dll. Waw!
Sore itu saya kembali teringatkan tentang banyaknya alasan -sangat banyak- untuk kita mencintai Negeri ini, membela Negeri ini dan memajukan Negeri ini. Karena kita punya banyak harta yang dianugerahkan Tuhan agar kita bersyukur. Bersyukur menjadi bagian dari Negeri ini. INDONESIA.
Kita mahasiswa?
bisa apa kita?
hidup itu indah...

(tulisan untuk buletin Soul of Campus)


No comments: