Saturday, January 1, 2011

Let's Live With No Regret Guys..! Selamat Tahun Baru Semuanya..

Sebenernya niat bikin tulisan ini bukan karena penghujung tahun, tap momen akhir taun 2010 bikin gw inget lagi dulu pernah niat bikin tulisan ini. karena momen awal tahun gw sepertinya adalah pas 10 November 2010 kemaren waktu kami –Pengajar Muda yayasan Indonesia Mengajar- dilepas di Bandara Soekarno-Hatta untuk berangkat ke daerah penempatan masing-masing. Somehow, momen itu seperti lembar baru fase kehidupan gw. Setahun gw bakal meninggalkan kehidupan kota dan hidup sebagai orang Desa, mengajar di SD, belajar tentang ke-Indonesia-an dari kehidupan di Desa. Ini adalah suatu anugerah besar yang Tuhan kasih ke gw, menurut gw. Kadang gw mengingat-ingat apa-apa aja yang pernah gw lewatin sampe gw ada di titik kehidupan gw sekarang. Everythings happened for a reason. Menurut gw menarik mengait-ngaitkan apa yang kita jalanin sekarang dengan apa yang pernah kita lalui sebelumnya. So here i am trying to remember what i’ve been through until now.

Gw pengen mulai dari momen kepindahan gw dari Bandung ke Pekanbaru sekitar tahun 2000 yang lalu. Sebelum pidah. gw sekolah di SLTPN 9 Bandung. Bukan sekolah unggulan, tapi cukup bagus pada masa itu. Bagi anak kelas 2 SMP berumur 13 tahun, yang baru kenal masa2 “bandel”, kenal-kelanan sama cewek, punya temen main yang aktivitasnya beda sama anak2 SD, pindah tempat tinggal itu bukan perkara yang ringan. Apalagi pindah ke kota yang jauh dari Bandung, beda pulau, dan bikin gw gabisa sering2 ke bandung buat ketemu temen2 gw lagi. Sebelum pindah gw sempet uring-uringan bikin nota protes uspaya ga jadi pindah. Tapi yah, kalian pasti tau aksi gw itu cuma akan sia2. Pindahlah gw sekeluarga ke Pekanbaru, Riau. Dari kepindahan itu, sekarang gw sadar kalo gw belajar sesuatu tentang adaptasi. Karakter orang-orang sumatra jelas beda dengan orang2 di jawa. Walaupun gw asli orang Minang, tapi dari lahir gw selalu tinggal di Bandung. Jadi masa awal-awal pindah emang cukup berat buat gw. Sebulan pertama gw sekolah di sekolah baru, SMP Cendana Rumbai, seinget gw udah 3 kali berantem sama anak yang akhirnya jadi temen-deket gw di sekolah baru itu. Masalahnya sepele : perbedaan kebiasaan-kebiasaan dan (mungkin) ketengilan gw karena (merasa) populer sebagai anak pindahan dari Bandung. Haha, kids..

Abis masa SMP, gw masuk ke SMA Negeri paling oke di Pekanbaru, SMUN 1 Pekanbaru. Yah, atleast itu yang diyakini anak2 SMUNSA, kami lebih baik dari SMUN 8 Pekanbaru, begitu juga sebaliknya. Sama lah dengan SMA 3 dan SMA 5 Bandung kasusnya. Masa SMA gw juga banyak dihabiskan dengan organisasi dan bolos. Selain belajar yang rajin tentunya hahaha.. gw inget pernah jadi ketua Majelis Persmusyawaratan Sekolah dan sering banget bolos pas kelas 3 (kalo mama baca pasti mama bersyukur karena kalo pas SMA gw kerajinan dan ga sering bolos pasti ntar kuliahnya malah di MIT dan jauh banget dari mama, hehe :D). Oh, dan gw juga inget pernah punya band sama anak2 di SMA yang pada masanya pernah cukup terkenal di Pekanbaru, atleast menurut gw dan temen2 se-Band, hehe. Yah over all masa2 SMA gw rasanya lengkap, and i am greatfull for that.

Kuliah di ITB. Fase ini menurut gw fase yang banyak banget mempengaruhi dan ngebentuk pola pikir gw sekarang. Dari banyak kegiatan yg pernah gw jalanin di kampus, momen kekalahan di pemilihan ketua himpunan HMTL jadi salah satu yang paling penting. Momen itu ngajarin gw soal mengevaluasi diri dan kebesaran hati. Momen berharga banget. Lalu dinamika2 lain seperti jadi Danlap di acara level kampus yang di-Ilegalkan oleh rektor, jadi Menteri PSDM kabinetnya Ijul, sampe akhirnya jadi Koordinator Kongres KM ITB banyak banget memberikan pengaruh terhadap perkembangan pola pikir gw. Kehidupan sosial gw di kampus juga seru. Keluarga gw di kampus adalah HMTL. Banyak banget lah yang gw pelajarin dari Himpunan itu. Terus sahabat2 deket seangkatan yang luar biasa, kelakuannya aneh2, tapi menyenangkan. Dari mereka, gw juga belajar banyak hal. Terus kehidupan percintaan, haha aduh yang ini juga seru. Semua itu berjalan dalam keseluruhan kehidupan kampus banyak ngasi gw sudut pandang baru dan pola pikir yang berkembang. 5,5 tahun gw di kampus rasanya puas. Ngerasa udah mengoptimalkan apa yang kampus punya untuk dipelajari.

Fase berikutnya adalah kerja. Kerja pertama gw sejak lulus, -well, lebih tepatnya sebelum lulus sih- adalah manjadi seorang Junior Enviro Supervisor di Sebuah perusahaan Petambangan Batubara yang punya site di Kalimantan Timur. Sebelum akhirnya gw ditempatin di site, gw sempet sekitar 3 bulan ditempatin di office di Balikpapan. Sekali2 ke site buat survey tapi lebih banyak menetap di balikpapan. Gw nge-kos, tiap hari bolak balik kantor, ngegambar, bikin report, dan pekerjaan2 kantoran lainnya. Niat gw kerja disini emang cuma pengen ngerasain pengalaman kerja profesional. Suasana kerja dan rekan2 kerjanya menyenangkan, but i have to admit that i was bored. Dari kebosanan itu juga akhirnya gw nemu tempat main yang menyenangkan tiap malem, yang juga punya peran penting buat gw dalam memantapkan apa yang pengen gw lakukan sebenernya. Panti asuhan Al-Furqan, panti dengan 25 anak asuh yang 9 diantaranya anak SMP dan SMK bikin gw makin gelisah sebenernya dengan kerjaan gw yang lama. Anak2 ini yang ngajarin gw ke-Indonesia-an yang nyata. Setiap malam, pulang kantor, gw main ke panti untuk nemenin mereka belajar pelajaran sekolahnya. Sesuatu yang menarik gw rasain dari mengajar anak2 itu, sesuatu yang bikin gw merasa lebih hidup. Sejak saat itu gw makin mempelajari lagi masalah2 pendidikan Indonesia. Waktu akhirnya gw dipindah ke site, sebenernya gw makin gelisah karna ga bisa lagi ke Panti untuk nemenin anak2. Semua rutinitas gw lakuin karna profesionalitas aja. Sampe akhirnya gw baca email rekrutment Indonesia Mengajar. Gapake pikir panjang, somehow gw ngerasa ditunjukin jalan, gw langsung apply online dan menunggu hasil. Di kerjaan gw yang lama itu, jadwal kerjanya adalah 6 minggu di site dan 2 minggu cuti. Selama 6 minggu itu gw akan selalu ada di site yang lokasinya somewhere di tengah hutan Kutai Barat, Kaltim. Begitu dapet cuti selama dua minggu gw boleh terbang kemanapun tujuannya dan berlibur. Seperti memang udah jalannya, gw lolos seleksi pertama Indonesia Mengajar dan diharuskan dateng ke Jakarta untuk tahap selanjutnya, Direct Assessment, yang jadwalnya ada di dalem jatah cuti 2 minggu gw. Akhirnya, sebelum seleksi tahap 3, Medical Check up, gw udah memutuskan buat resign dari kerjaan gw yang lama. Agak nekat sih, but that was feels right. Dan gw memilih untuk meyakinkan diri kalo gw akan keterima di IM.
Alhamdulillah, gw keterima dan ada di Desa Pelita sekarang.

Masa2 training Pengajar Muda pra deployment juga menarik. Gw dikumpulkan satu atap selama 7 minggu dengan orang2 yang punya passion sama. Waktu awal gw apply IM, sempet mikir “ada ga ya yang mau daftar juga?”, dan itu terjawab pas akhir2 sebelum dirrect assessment gw tau kalo yang daftar sampe 1300an orang. Man! Rasanya lega, tau kalo banyak banget anak2 muda yang semangat banget buat jalan2. Loh?haha. Banyak proses yang terjadi di trainingcamp Pengajar Muda. Pembenturan2 pemahaman, belajar bareng soal keguruan, saling mentransfer semangat dan energi, bertukar ilmu dan pengalaman, membangun cita2, dan ga ketinggalan, jatuh cinta. Hehe. 7 minggu itu udah ngasih keluarga baru dan tentunya jaringan baru buat gw. Sahabat2 baru gw yang luar biasa itu mengajarkan gw banyak hal. Dan mereka sedang berjuang masing2 sekarang di rumah baru mereka.

Gw pengen berterimakasih buat Mama dan Papa. Semua perjalanan gw bisa seperti itu gw yakin karena apa yang Mama dan Papa ajarin sejak gw lahir. Dua orang luar biasa yang masing2 punya peran besar banget dalam ngebentuk gw. Terimakasih buat semua kata yang keluar dari hati melalui mulut mereka dalam mendidika gw, buat tembok rumah yang mereka izinkan untuk gw dan abang jadiin kanvas lukis, buat semua tretment mereka. Ga akan abis kalo gw ceritain disini tentang Mama dan Papa. Terlalu banyak detail menarik dari mereka. Yang jelas, mereka juaranya lah. Terus juga buat abang Reza dan Uwi, dua sodara laki2 gw, temen berantem waktu kecil, temen ngakalin peraturan mama, dikurung bareng di kamar mandi, terimakasih udah ngasih kesempatan gw belajar jadi adik yang baik (setuju aja lah bang), dan abang yang baik buat (kamu harus setuju wi!:p). Makasi buat semua yang terlibat dalam penciptaan lingkungan masa kecil gw, karna itu yang menanamkan banyak waktu kecil.

Makasih juga buat semua temen2 SD, SMP dan SMA. TL 2004 juga punya peran penting ngajarin gw banyak hal, banyak sekali. Temen2 yang ngerti gw, dan sangat menyenangkan. HMTL, Kampus, rumah kedua gw selama kuliah, semua kegiatan di dalamnya dan orang2nya luar biasa. Gw juga sangat berterimakasih atas 7 bulan gw kerja di Kaltim, 7 bulan yang panting sekali.

Oke cukup, gw semakin merasa ujung2 tulisan ini mirip kata pengantar di Tugas Akhir. Intinya gw Cuma pengen bilang makasi buat semua orang dalam hidup gw. Ga peduli orang itu kenal sama gw dalam kesan menyenangkan atau ngga, gw berterimakasih. Gw ga nyimpen rasa benci sedikitpun kepada siapapun sekarang. Karna apapun kesannya, semuanya adalah bagian dari perjalanan ini. jadi sekali lagi, terimakasih. Semoga Tuhan membalas semua amal baik kalian guys.

Gw selalu yakin, takdir hanyalah sesuatu yang sudah terjadi, dan apa yang belum terjadi adalah yang harus kita usahakan sekuat tenaga. So we can live with no regret, at all.

Terimakasih Tuhan atas semua yang Engkau berikan. Jagalah kami semua dengan kekuatan supaya bisa mengusahakan yang terbaik, dan dengan keikhlasan supaya kami tidak menghabiskan waktu kami dengan mancaci masa lalu. Amin.

Pelita, 31 Desember 2010
(Hujan seharian ini bikin udaranya adem kaya di bandung)

No comments: