Saturday, May 22, 2010

obrolan singkat di ruangan kantor

Ada poin bagus di tulisan yang menceritakan kejadian beberapa menit yang lalu yang akan gw tulis ini..

Balikpapan, di kantor sekitar jam 2 siang

seorang bos berkewarganegaraan Australia tiba2 masuk ruangan gw yang kebetulan punya meja besar. dia ngegunting satu karton besar ukuran A0 dan ngebentuk karton itu jadi bentuk jam dinding besar.

gw : buat apa itu Wayne?
Wayne : untuk belajar..

gw awalnya mikir itu buat dia belajar, karna setau gw dia tiap selasa dan kamis belajar Bahasa Indonesia sama guru les nya. (oh iya, FYI Wayne ini umurnya 55 taun tapi keliatan seperti baru 45-an).
Trus akhirnya gw tau dari supirnya pas si Wayne lagi ngambil sesuatu ke ruangannya kalo jam besar itu ternyata untuk alat peraga di panti asuhan. ternyata si Wayne ini ngajar Bahasa Inggris di salah satu panti asuhan di Balikpapan. Trus si Wayne ini ke ruangan gw lagi masih dengan proyek jam raksasanya.

Gw : anda mengajar bahasa inggris di panti Wayne? mengajar anak umur berapa?
Wayne : yes, saya mengajar anak umur 5-9 tahun disana.
gw : kenapa anda mengajar disana Wayne?

entah kenapa gw sangat penasaran dengan motivasi dia, gw selalu penasaran ada pemikiran apa di kepala setiap orang yang ngelakuin kegiatan sosial,

Wayne : hmm,good question.. saya merasa perlu memberikan sesuatu pada orang2 Indonesia, maksud saya, saya datang ke negara kalian untuk bekerja, dan saya dibayar dengan uang yang sangat banyak..saya bisa saja datang kesini (Indonesia) untuk bekerja lalu kembali mambawa uang kalian. tapi hati saya tidak ingin seperti itu. saya tidak bisa merubah dunia, tapi at least dengan bahasa inggris yang saya ajarkan mudah2an anak2 bisa merubah nasib mereka nantinya.

sebenernya gw agak kaget dengan jawabanya, gw kaget karna gw cukup kenal si Wayne ini..dan penilaian gw selama ini dia adalah seorang duda yang sudah ga punya tanggungan yang duitnya banyak dan suka bersenang-senang. yah maklumlah, secara dia duda..tapi ternyata gw salah menilai..

poin yang pengen gw angkat yang menginspirasi dari obrolan singkat gw itu adalah soal keikhlasan berbakti pada tanah air..

orang yang cuma "mampir" aja merasa harus balas budi dengan mengajar, apalagi kita -orang Indonesia Aseli- yang lahir di tanah ini.., tumbuh karena air dari tanah ini.., dan makan dari hasil tanah ini..
harusnya kita punya keinginan yang jauh lebih besar untuk berbakti pada tanah air kita..lebih pasnya mungkin bermanfaat buat tanah air kita..bermanfaat buat orang2 di dalamnya..
sekecil apapun yang kita lakukan untuk orang banyak, pasti akan berdampak sesuatu..apalagi kalo besar..hehe

ayo guys, orang2 yang berbuat hal buruk ada dimana-mana..tapi selalu akan ada orang baik yang menyeimbangkannya..mari jadi orang2 yang berbuat baik itu..

so then world will be a better place..
Indonesia bisa!

mari benar-benar hidup

2 comments:

Velly said...

Ka, Q suka tulisan ini. Jadi pgn ikutan jejak wayne ngajar di panti asuhan..
Menginspirasi sekali..
Blogwalkin~

xoxo
Velly

Rahmat Danu Andika said...

makasii..:)
iya mari kita bermanfaat bagi sekitar kita..