Saturday, June 16, 2007

BENDERA MERAH PUTIH...masih pusaka bangsa kitakah...??


prolog...
kamis kemaren gw nganter pacar ke travel..mo pulang ke jakarta..
sore sekitar jam 16.45 gw dan pacar masih di jalan..kebetulan sore itu di jalan Cihampelas Bandung lagi macet banget..truuss.,pas di depan SMA 20 tepatnya, tiba2 gw tertegun..kaget,bingung,sedih,marah, ngeliat suatu fenomena yang gw sangat tidak pernah mengharapkan bakalan ngeliatnya..gw ngeliat daiatas salahsatu Gapura ada bendera kita,bendera MERAH PUTIH yang sudah sangat usang,lusuh,rombeng,sobek2 uda kaya bendera bajak laut..renyuh gw begitu ngeliatnya..padahal sesaat sebelumnya di kampus gw baru aja abis ikutan penghormatan bendera di upacara serahterima jabatannya IMG (salahsatu himpunan mahasiswa di ITB)..

sudah terlalu sibukkah kita dengan urusan kita masing2 sampai lupa untuk mengurusi bendera bangsa kita....??
setidak bernilai itukah BENDERA bagi kita...??
yang jelas yang gw yakini..,para pejuang kita dulu rela pasang badan berkorban nyawa untuk mamperjuangkan kemerdekaan demi anak cucunya..agar anak cucunya tidak lagi merasakan penjajahan..agar anak cucunya bisa menikmati kemerdekaan dan berkarya mengisi kemerdekaan..bukan agar anak cucunya melupakan apa yang telah mereka perjuangkan..melupakan esensi dari kemerdekaan itu sendiri..
mudah2an kita masih bisa berfikir apa arti BENDERA bagi kita sebenarnya..

Indonesia ku menangis......

4 comments:

Moriez <> said...

jangan kebanyakan menangis jg pemuda.. mari bergerak...
Ayo bangkit Indonesiaku

Adisti Dini Indreswari said...

wah... ngkong punya blog!

hmm... bukankah bendera itu cuma 'simbol'? kadang, terlalu mendewakan simbol tanpa paham esensi dari si simbol itu sendiri nggak bagus juga kan? yah, positive thinking aja, walaupun simbolnya terlupakan, mudah2an esensinya nggak terlupakan juga...

btw, sejak kapan ya sma 20 pindah ke cihampelas??? sma 2 kali?

Batari Saraswati said...

hola, dhika punya blog!

nganter pacar? aih..

yesicanathanie said...

Salam kenal bung..lagi blogwalking aj....Kenapa memangnya dengan bendera?
toh itu juga cuma simbl kan??indonesia ini negara simbolk pa?takutnya tar malah terlalu ngurusin simbol, esensinya keteteran....

Jadi inget zaman SMA dulu, skul gw upacara bareng ma skul2 laen, di situ juga ada musuh skul gw, eh...pas upacara seh kita tertib, hormat bareng ma bendera, tp setelah selese upacara, yah kita malah tawur...apa ga lucu tuh??wakakakaka

Lebih detail