Saturday, June 12, 2010

kalo seperti ini, yang nilainya tinggi(belum tentu pintar), cuma yang punya uang aja dong..??

Akman : “Bang Dika, kayanya biarpun saya belajar tetep ga akan bisa dapet nilai 100 deh UAS Matematika besok. Soalnya pasti soal2 UASnya susah bang..”

Gw : “Loh, kenapa emangnya man? Kamu kalo rajin2 latihan soal2 pasti bisa dapet 100 ko..emangnya ujian2 sebelumnya ga pernah ada yang dapet nilai 100..?”

Akman : “ada sih bang..tapi pasti Cuma anak2 yang les sama gurunya..”

Ismail :” iya Bang Dik..di sekolah saya juga gitu..yang dapet nilai2 tertinggi pasti Cuma anak2 yang les sama gurunya”

Akman dan Ismail adalah anak2 panti Al-Furqan yang masih duduk di kelas 2 SMP.. Percakapan diatas terjadi waktu gw lagi belajar bareng anak2 itu suatu malam di panti. Kaget juga gw ngedengernya, ternyata guru di sekolah mereka ngebuka les (bimbingan belajar) buat anak2 sekolahnya juga. Akman sekolah di SMPN 7 Balikpapan, dan si Ismail di SMPN 10 Balikpapan. Akman dan Ismail ini termasuk anak2 yang menurut gw tergolong cerdas. Mereka selalu semangat sejak gw share tentang gimana belajar matematika supaya seru. Tiap kali gw sampe panti mereka adalah anak2 yang udah standby di tempat belajar lengkap dengan peralatan tempur dan udah ngebawain white board juga buat gw. Dan satu hal lagi, mereka itu –percaya ge apercaya- ganteng kaya pengajarnya (hehehe:D)..akman ini mirip Ariel Peterpan (mukanya, bukan kelakuannya), trus kalo si Ismail mirip Pasha Ungu. Suer deh gw ga boong ni anak dua gedenya pasti digandrungi para wanita..hahaha…Itulah sekilas tentang Akman dan Ismail.

Gw pengen bahas soal guru mereka tadi. Menurut gw ko aneh ya kejadiannya? Malem itu juga pas lagi belajar gw langsung browsing soal kode etik guru. Ga nemu sih yang spesifik mengenai kondisi kaya guru2nya Akman dan Ismail. Tapi gw punya pandangan pribadi soal ini. kalo guru ybs membuka bimbingan belajar buat anak dari sekolah lain sih lain soal. Tapi kalo bimbingannya buat anak didik di sekolahnya –apalagi anak kelasnya- sendiri jatohnya jadi hal yang salah. Gini, saat guru memberikan bimbingan berbayar diluar proses sekolah, mau ga mau pasti akan ada konflik kepentingan si guru itu. keadaan itu memunculkan potensi kecurangan akademis oleh guru. Alhasil, walaupun orangtua tidak pernah meminta, guru akan “membocorkan” soal ulangan bahkan UAS sekalipun. Keinginan guru untuk membuat anak didiknya bisa melalui ujian dengan nilai baik akan muncul bukan lagi hanya karna alasan tugas seorang guru untuk membimbing muridnya, tapi juga akan didasari tugas seorang guru les untuk membuat anak mimbingan berprestasi supaya tetap dipercaya membimbing anak tsb oleh orang tuanya..Dengan kata lain pemasukan sampingan lancar, lebih jauh lagi bertambah karna makin banyak orangtua murid yang ingin anaknya bernilai tinggi dengan dibimbing oleh guru tsb.

Dari sisi proses pendidikan, keadaan tersebut sebenernya musibah bagi anak2 yang dibimbing oleh guru tadi di luar sekolah. Karna konflik kepentingan si guru, anak2 berpotensi mendapat pendidikan yang kurang baik akibat orientasi belajar yang hanya tertuju pada nilai yang tinggi. Anak2 akan terbiasa “menghafal” cara menjawab soal cerita Matematika daripada memahami logika berfikirnya. Soal2 yang diujiankan yang notabene dibuat oleh guru ybs akan diberikan terlebih dulu di bimbingan belajar. Lalu anak2 akan mengerjakan soal itu dibimbing si guru. Dan begitu soal tersebut keluar, lancar lah. Lalu anak2 akan berfikir bahwa begitulah cara belajar matematika yang benar. Buktinya nilai mereka selalu bagus. Sementara mereka ga sadar kalo sebenernya seandainya soalnya diputer2 dikit pasti mereka kelabakan karna ga paham logikanya. gw inget beberapa kali Akman pernah memastikan ke gw apakan cara dia ngerjain soal itu bener ato ngga..? soalnya temen2nya yang les sama guru ngerjainnya dengan cara yang beda walaupun sama hasilnya. Dan memang menurut akman dia ga bisa berdiskusi dengan temen2nya soal perbedaan cara tersebut karna temen2nya mentok di “yang penting gini rumusnya man..!”

Lalu dari sisi lain, keadaan itu akan memunculkan kesenjangan sosial bagi anak2. Yang mampu bayar gurunya ya ikut les, sementara yang ga mampu ya ga ikut les. Contohnya anak2 Al-furqan, panti tidak mungkin membiayai mereka buat ikut bimbingan belajar. Dan yang gawatnya lagi, keadaan ini bisa memunculkan pesimisme buat anak2 yang ga ikut bimbingan sama gurunya, seperti yang terlihat di percakapan awal antara gw, Akman dan Ismail.

Memang tidak ada jaminan juga bahwa guru2 yang mengadakan bimbingan belajar akan berlaku tidak sehat. Tapi setidaknya muncul potensi itu. Terbuka ruang untuk menjerumuskan anak2 kedalam kebodoahan, disadari maupun tidak, disengaja maupun tidak. Gw berencana main ke sekolah mereka suatu saat. Pengen liat langsung proses di sana. Mudah2an nanti muncul ide untuk bisa berbuat sesuatu soal masalah ini.

Hari ini (Sabtu), Akman lagi Ujian IPA, sementara si Ismail Matematika. Entah kenapa gw yang deg2an sekarang hehe..mudah2an mereka bisa ngerjain dengan baik dan dapet hasil maksimal. Supaya mereka makin yakin kalo. saat kemauan mereka kuat, mereka bisa jadi apa saja yang mereka inginkan..

mari benar-benar hidup

2 comments:

cogitoFieny said...

"Iya Bang Dik..di sekolah saya juga gitu.." hahaha
di smp gw a.k.a tetangga smp lu itu ada kondisi seperti ini jg..
mnurut gw sih ga usah khawatir dik, yg ptg yg ga les tetap to the max di prosesnya (bukan hasil) :D

Rahmat Danu Andika said...

oiya..?hahaha parahh ya..
tapi kan ini bukan cuma masalah anak2 yang ga dapet les tambahannya aja fin..ini juga justru berpotensi jadi masalah lebih besar buat yang pada ikut les sama gurunya sendiri justru..
ya karna yg gw tulis itu, les tambahan berpotensi besar membuat proses belajar anak jadi ga sehat..
anw, tks for comment..:)