Saturday, June 12, 2010

Tuhan itu baik sekali sama saya..

Tadi malem pas pulang ngajar gw diajarin sesuatu sama tukang loak (pengumpul barang bekas). ceritanya gini, sperti biasa gw jalan nelusurin jalan sudirman tadi malem. Tujuan gw mau nonton bareng Afsel vs Mexico di salah satu mall di Balikpapan. Trus pas lagi jalan itu bw berpapasan sama seorang bapak paruh baya yang lagi menggotong mesin parut sepertinya. bajunya kemeja lusuh dengan celana panjang sedikit sobek di bagian betis dan tanpa alas kaki. Tiba2 gw inget belum ngeluarin zakat bulan ini. Mama bilang dia kalo ngeluarin zakat biasanya lewat orang2 yang ketemu dijalan. bapak2 tua dhuafa atau siapapun yang berhak. Lalu gw pun berniat malem itu untuk ngeluarin sebagian zakat gw ke bapak itu.

Karna berpapasan dan udah lewat, gw panggil bapak2 itu pelan, trus dia berenti ngebalik badannya.
Gw : "Bapak mau kemana pak?"
Bapak : " mau kesana.." menunjuk sembarang.
Gw : "bapak pulang kemana?tinggalnya dimana..?"
Bapak : "di depan2 toko aja saya nanti tidurnya. saya ga punya rumah.."
Gw : " anak istri dimana pak..?"
Bapak : " ga punya mas.."
Gw : " pak ini ada sedikit saya niatkan sebagai sebagian zakat, buat bapak..tolong diterima.."
Bapak : " oh, tidak usah mas..saya mencari barang bekas.."
Gw : " iya saya tau pak, tapi ini InsyaAllah saya ikhlas buat bapak beli baju dan alas kaki."
Bapak : "saya cari barang bekas mas" kali ini sambil tersenyum..

trus gw masih agak sedikit memaksa supaya bapak itu mau nerima. berhubung kedua tangannya sibuk memegangi mesin parut yang berat itu, gw berusaha masukin uang itu ke kantong kemeja si bapak. tapi dengan cepat dia memutar badannya suapaya gw ga bisa masukin uang sambil ngomong sekali lagi "makasih mas..tapi saya mencari barang bekas.." kali ini senyumnya bikin gw merinding karna terasa sekali bapak ini orang yang tangguh..
terus bapak ini pamit sambil sekali lagi bilang makasih.

gw ga berenti meratiin dia jalan makin menjauh dan hilang dibalik belokan jalan. Ko rasanya ga bisa gerak..malu campur kaget.. gw ngebayangin kalo lagi ga punya duit aja rasanya pasti gw mau tuh nerima orang ngasi duit 100rb cuma2..apalagi dalam keadaan ga punya tempat berteduh pasti makan aja juga susah..tapi bapak itu ga mau. Dia mencari barang bekas seperti yang dibilangnya tadi. dia gamau nerima pemberian orang cuma2, dia mau bekerja keras buat hidup, walaupun dia gapunya tempat tinggal bahkan alas kaki.

Biarpun harusnya rejeki itu diterima, tapi bapak tadi malem itu ngajarin sesuatu soal kerja keras dan pantang menyerah. Semoga Tuhan memudahkan bapak itu.. semoga Tuhan melindung bapak itu. dan semoga Tuhan memberikan kita semua kekuatan untuk mampu bekerja keras dan tidak kenal menyerah seperti bapak tadi.

Terimakasih Tuhan, Engkau mengajarkan aku melalui bapak2 tadi malam..

mari benar-benar hidup

7 comments:

Unknown said...

waaah touching sekali ka ceritanya, sedih deh bacanya :'(

Adisti Dini Indreswari said...

walaupun sebenernya bingung kenapa bapak tua itu nggak mau nerima pemberian lu (toh dia nggak nodong lu kan? toh lu nggak ada tendensi apa2 kan?), tapi di tengah2 segala aksi suap-menyuap-sogok-menyogok yang sedang terjadi di sekitar gue saat ini, menenangkan banget rasanya, tahu masih ada seseorang di luar sana yang malu menerima sesuatu yang bukan hasil keringatnya sendiri...

:)

Rahmat Danu Andika said...

yes betul banget dis..
see,akan selalu ada orang baik..
ditengah carut marut Indonesia kita dis..:)

Anonymous said...

kok bisa k dika nulis kek gini? wuah beda bgt sama k dika yg biasa aku temui

Rahmat Danu Andika said...

ini yang nilis ngkong ko..bukan ka dika..hehe

ririn said...

uwowww.. ketemu juga blognya ka dika ngkong. tu kan, blognya bermutu -tidak seperti blog saya yang curhat2 doang-,haha

hm, ga kebayang kalo saya yang ada di depan bapak itu. pasti saya udah bengong setengah mati, ga gerak2. sekarang cuma baca aja udah merinding,haha. ternyata di tengah-tengah indonesia yang kata orang berantakan ini masih ada orang2 seperti bapak itu. hm, oke sekali postnya ka:D

Anonymous said...

wah, saya nangis baca ini. :(